Minggu, 27 Oktober 2013

CARA MEMASUKKAN POSTINGAN KE MENU BLOG


CARA MEMASUKKAN POSTINGAN KE MENU BLOG



HP Envy 4-1025TU UltrabookLENOVO IdeaCentre C320 898 All-in-One - White ACER Iconia [W511] - (With Docking) SAMSUNG Galaxy Tab 7.0 Plus [GT-P6200UWAXSE] SAMSUNG Galaxy Note II [GT-N7100RWDXSE] - White APPLE iPod Touch 32GB 5th Gen [MD717ID/A] - Blue BLACKBERRY 9900 Bold Dakota - White NOKIA Lumia 920 - White

Tentukan sendiri cara mu ngeblog. Bebas pake yang mana saja. Bhinneka  menyediakan semuanya.

Banyak blogger pemula yang tidak tahu bagaimana cara memasukkan postingan ke dalam menu sebuah blog termasuk ane.  Untuk mbah – mbah nya blogger, mohon pencerahan jika isi postingan ini ada yang salah jalur. Peace....
Terkadang sebuah blog memiliki banyak menu tapi menu tersebut serasa sebuah hiasan blog yang tidak ada fungsinya. Setelah search, akhirnya ke temu bagaimana me link kan postingan ke menu blog...

Hal yang anda perlu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Ketika anda menulis sebuah postingan. Jangan lupa memberi “Label” pada postingan tersebut. Pemberian nama Label terserah anda. Tapi, ada baiknya Nama “Label “ sesuai dengan menu atau submenu blog anda. Coba perhatikan gambar berikut!



HOME, SIAPA KAMI?, SOK TAHU, TEKNIK, LOMBA BLOG dan UNCATEGORIZED merupakan menu utama dari blog yang sedang anda baca ini. Submenu dari menu SOK TAHU adalah Bebas Sok Tahu, Mau Tahu, Blog dan IT. Nah, jika anda memberi label sebuah postingan maka ada baiknya sesuai dengan menu dan submenu blog anda.
2. Mulailah membuat sebuah postingan. Postingan yang terlanjur tidak memiliki Label atau anda ingin menukar Label postingan tersebut anda bisa mengeditnya kembali dengan cara masuk ke Dashboard àPosts à Edit (pada judul postingan yang akan kamu edit).
Perhatikan cara membuat Label pada gambar berikut!



Buatlah sebuah postingan. Setelah selesai maka klik tulisan “Labels” yang sebelah kanan kotak postingan. Letaknya dibawah “Post Settings”. Perhatikan gambar diatas. Ketik label yang anda mau. Lalu klik “Done”. Pemberian Label telah selesai. Sebagai contoh dalam blog ini adalah postingan CARA MEMASUKKAN POSTINGAN KE MENU BLOG saya beri label Blog. Perhatikan gambar diatas.



3. Selajutnya adalah masuk ke Dashbord blog anda. Lalu ke menu Template àedit HTML.

4. Klik proceed. Jangan lupa centang kotak “Expand Widget Templates”.

5. Coba cari menu atau submenu blog anda. Ctrl + F untuk memudahkan pencarian.

Perhatikan gambar berikut ini!


Perhatikan lingkaran merah. Perhatikan tulisan href=’#’>Blog
.  Blog merupakan submenu dari blog soktauit. Perhatikan tanda ‘#’. # merupakan tempat label yang anda akan masukkan.

6. Muat ulang halaman blog anda menggunakan tab baru dari browser anda. Perhatikan gambar berikut.



Perhatikan kedua tanda panah diatas. Perhatikan lingkaran merah. Blog merupakan sebuah label. Klik tulisan Blog tersebut (sesuaikan dengan label blog anda). Setelah anda klik maka copykan alamat label tersebut. Perhatikan lingkaran kuning.

7. Setelah alamat label tersebut anda copy maka buka kembali ke edit HTML anda tadi. Perhatikan gambar dibawah ini!




Coba perhatikan lagi gambar penjelasan no 5. Tulisan href=’#’>Blog
 akan berubah menjadi href='http://soktauit.blogspot.com/search/label/Blog'>Blog. Apa yang berubah? Tanda # diganti dengan alamat label yang dikopikan tadi. Dengan kata lain, alamat label yang telah dikopi pada penjelasan 6 dipastekan ke dalam tanda petik.
Simpan peruabahan template anda. Setelah itu muat ulang halaman blog anda. Coba buktikan apakah usaha yang telah anda lakukan berhasil atau tidak.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: